Pages

Thursday, December 20, 2012

North Country (2005)




Tahun : 2005
Jenis :   Drama
Pemeran : Charlize Theron, Frances Mcdormand, Sean Bean, Richard Jenkins, Jeremy Renner, Michelle Monaghan, Woody Harrelson, Sissy Spacek



Film ini berkisah tentang Josey Aimes , seorang istri dan ibu dari dua orang anak, yang sudah tidak tahan lagi atas KDRT yang dilakukan suaminya, memutuskan untuk kembali ke rumah orangtuanya.

Kepulangannya tidak disambut dengan baik oleh orangtuanya yang selama ini merasa malu sejak kehamilan anak pertama Josey, yang tak pernah mau memberi tahu siapa ayahnya.

Diawali dengan pertemuannya dengan teman lamanya Glory yang mengajaknya ikut bekerja di tambang tempatnya bekerja. Keputusannya untuk bekerja di tambang ini ditentang orangtuanya karena ayahnya juga bekerja di tempat yang sama, karena kerja di tambang dianggap bukan pekerjaan untuk wanita.

Di tambang Josey segera dapat berbaur dengan pekerja wanita lainnya. Pekerja wanita di tambang ternyata sering mendapat pelecehan dari rekan kerja prianya, demikian juga Josey malah menjadi target utama dari bekas teman lelakinya saat SMA, Bobby Sharp. 
Pelaporan pelecehan yang Josey lakukan ke atasan malah makin menambah pelecehan yang mereka terima. Malahan Bobby menyebarkan fitnah bahwa Josey suka menggodanya. Hal ini sangat mengganggu kehidupan Josey demikian pula anaknya.

Setelah akhirnya mengalami kekerasan fisik dari Bobby, Josey tidak tahan lagi, dan berhenti dari tambang tersebut. Dengan meminta Bill White seorang pengacara yang dikenal Josey dari Glory.

Perjuangan Josey ternyata tidak mendapat dukungan dari teman wanitanya yang takut jika mereka ikut serta akan makin memperburuk keadaan mereka, demikian juga dengan orang tuanya.
Perlawanan Joey harus dilakukannya sendiri bersama pengacaranya,  
Film ini terinspirasi dari perjuangan Lois E. Jenson yang mulai bekerja di tambang EVTAC (Eveleth Taconite) Eveleth, Minnesotadi tahun 1975 dan mengajukan tuntutannya di tahun1984. Pada kenyataan proses hukum Lois Jenson berlangsung 1998. Perjuangan Lois E. Jenson membawa banyak perubahan perlindungan hukum bagi wanita terhadap pelecehan di tempat kerja di Amerika.

Plot di film ini maju mundur, sesekali mundur ke masa lalu Josey. Bagi anda yang menyenangi film drama, film ini sangat layak ditonton, kisah seorang yang berani menuntut hak asasinya walau harus sendiri.
Bagi saya film ini menggugah dan memberi inspirasi.

Anda sudah nonton belum ? Bagaimana pendapat anda ?










No comments:

Post a Comment